Manfaat Dan Kandungan Gizi Di Dalam Kacang Hijau

Manfaat Dan Kandungan Gizi Di Dalam Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis polong-polongan yang kaya akan kandungan gizi di dalamnya. Di negara Indonesia, jenis kacang hijau sudah sangatlah terkenal.Berbagai makanan yang biasa kita jumpai seperti onde-onde, kolak, dan juga bubur hampir di setiap makanan dapat terbuat dari kacang hijau.Banyaknya kandungan gizi dalam kacang hijau, membuat kacang hijau mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang terkandung di dalam kacang hijau :
  1. Membantu pembentukan sel-sel di dalam tubuh
  2. Meningkatkan penyerapan nutrisi
  3. Memperbaiki saluran pencernaan
  4. Membantu metabolisme dalam tubuh.
  5. Menjadi sumber tenaga dan energi dalam tubuh
  6. Mencegah konstipasi
Karena di dalam kacang hijau mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat kita manfaatkan. Kacang hijau biasa di jadikan menu sarapan guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari kuman dan bakteri yang akan menyerang kekebalan dalam tubuh.
Bagi anda yang belum tahu nutrisi apa saja kandungan gizi kacang hijau, berikut ini kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau :
  1. Kacang hijau mengandung banyak protein.
Kacang hijau di kenal sebagai sumber alternatif dari protein nabati.Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gram/100 gram. Protein yang terkandung dalam kacang hijau  memiliki asam amino lengkap. Sedangkan Protein yang terkandung pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu 3 gram/100gram, namun asam aminonya sebagian besar berbentuk bebas yang cepat di serap oleh tubuh.
  1. Kacang hijau yang kaya akan serat.
Kacang hijau mempunyai kadar serat yang cukup tinggi berkisar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat yang terkandung dalam kacang hijau mampu untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan, karena gizi di dalam kacang hijau dan seratnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan kesehatan anda .
  1. Kacang hijau juga rendah karbohidrat.
Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau hanya mencapai 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk di konsumsi dalam program diet maupun program pembentukan badan.
  1. Kacang hijau mengandung lemak yang sehat.
Asam lemak esensial yang terkandung di dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
  1. Kacang hijau mengandung banyak vitamin dan mineral
Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang cukup tinggi yakni sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti  B6, riboflavin, serta niasin dan asam pantothenat. Vitamin yang terkandung di dalam kacang hijau membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Kacang hijau juga kaya akan mineral, dan 100 gramnya mempunyai potasium sebesar 266 mg, manganese 48 mg, phosphorus 99mg, magnesium 0,3 mg, besi 1,4 mg, kalsium 27 mg, zinc 0,8 mg dan selenium 2,5 mg.
Itulah tadi manfaat dan kandungan gizi kacang hijau yang bisa anda dapatkan.Semoga menginspirasi.
Iklan Bawah Di Sini
close
==[X Close ]==