Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Bagi Tubuh


Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Bagi Tubuh



Kacang hijau atau dalam istilah Phaselous Aureus berasal dari sejenis Leguminosease atau kacang polong. Kacang hijau memiliki nutrisi yang penting, seperti sumber mineral (kalsium dan fosfor) yang berkhasiat untuk membuat tulang lebih kuat. Manfaat air rebusan kacang hijau yang paling terkenal adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kacang hijau banyak mengandung asam lemak tak jenuh.

Protein yang terkandung dalam kacang hijau sebanyak 24%, sehingga alternatif terbaik untuk memperoleh protein selain dari ikan adalah dari kacang-kacangan, termasuk juga kacang hijau. Bagi orang yang kekurangan vitamin B1, bisa mengonsumsi kacang hijau maupun rebusan dari air kacang hijau tersebut.

Vitamin B1 merupakan bagian dari koenzim yang berperan aktif dalam oksidasi karbohidrat untuk di ubah menjadi energi. Tanpa adanya vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah kandungan karbohidrat. Bukan hanya itu saja, orang yang kekurangan vitamin B1 akan muncul gejala gangguan mood, sulit berkonsentrasi, dan mudah lelah.

Kacang hijau biasanya sering dijadikan berbagai jenis makanan ringan. Yang lebih istimewa dari kacang hijau dapat di jadikan tepung biji kacang hijau atau yang biasa di sebut dengan tepung hunkwe. Selain itu, air rebusan kacang hijau juga bisa dimanfaatkan untuk membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat air rebusan kacang hijau bagi kesehatan
Untuk pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhan kacang hijau memiliki banyak protein lengkap yang dapat membantu pembentukan dari sel-sel tubuh, sel-sel yang dapat di bentuk yaitu seperti sel-sel organ, otak dan otot.


Mampu Meningkatkan tubuh untuk menyerap nutrisi, secara tidak langsung peran ini sangat penting dalam penyerapan nutrisi air rebusan dari kacang hijau. Karena dalam kacang hijau mengandung banyak vitamin B1 dapat menjadi waktu pengosongan lambung dan usus dua kali yang akan lebih lambat serta akan mengindikasikan sulitnya proses pencernaan. Dalam kandungan kacang hijau enzim-enzimnya sangat aktif dalam penyerapan metabolisme dan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.


Manfaat air rebusan kacang hijau juga mampu untuk memperbaiki saluran pencernaan dan mencegah sembelit, khasiat yang terkandung dalam kacang hijau dan serat yang tinggi dan bermanfaat untuk membantu menjaga saluran pencernaan agar bersih, gerak peristalik usus akan meningkat sehingga dapat mengurangi waktu pencernaan dalam usus, serat ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.


Menjadi sumber energi, kacang hijau mengandung vitamin B kompleks yang berkhasiat untuk membantu proses pertumbuhan. Definisi vitamin B bisa mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan. Enzim yang terkandung dalam kacang hijau mampu untuk membantu penyerapan karbohidrat.

Nah bagi anda yang menginginkan tubuh yang sehat anda bisa mengkonsumsi air rebusan kacang hijau secara rutin. Bukan hanya airnya saja, kacang hijaunya juga tidak kalah pentingnya bagi kesehatan. Demikianlah manfaat air rebusan kacang hijau yang bisa anda dapatkan. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda.
Iklan Bawah Di Sini
close
==[X Close ]==