Kandungan Gizi Dalam Kacang Panjang Dan Manfaatnya


Kandungan Gizi Dalam Kacang Panjang Dan Manfaatnya







Kacang panjang adalah sayuran yang sangat sering kita temui dalam masakan sehari-hari, baik itu masakan restoran maupun masakan rumahan. Ada yang di masak dengan cara di tumis, ada juga yang di makan sebagai lalapan mentah. Akan tetapi meskipun kacang panjang begitu di kenal sebagai makanan, namun tidak semua orang mengetahui kandungan gizi kacang panjangini. Yang harus anda ketahui, kacang panjang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh.

Nah bagi anda yang belum tahu kandungan gizi yang terdapat dalam kacang panjang, inilah kandungan yang ada di dalamnya :
Protein

Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang yang di rebus, maka kacang panjang dapat menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.


Vitamin B

Kacang panjang yang di rebus memiliki 100 gram folat 146 mcg (37% kebutuhan); 0,3 mg thiamin (15% kebutuhan); 0,2 mg vitamin B6 (6% kebutuhan); 0,2 mg riboflavin (5% kebutuhan); 0,5 mg asam pantotenat (5% kebutuhan); dan 0,5 mg niacin (5% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.

Secara definisi, dominan vitamin B kompleks mempunyai fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.


Serat

Kacang panjang mempunyai serat yang berguna untuk kesehatan dalam pencernaan. Dalam tiap 100 gram kacang panjang yang sudah di rebus, memiliki kandungan serat yang mencapai 4 gram atau memenuhi 16% kebutuhan serat harian dalam tubuh kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.


Kalsium

Tiap 100 gram kacang panjang yang sudah di rebus juga mengandung 45 mg kalsium (5% kebutuhan). Kalsium merupakan mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.


Zat besi

Kacang panjang yang sudah di rebus mengandung 2,7 mg zat besi (16% kebutuhan). Zat besi merupakan komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel-sel otot dan sel darah merah.



Bagi anda yang menyukai kacang panjang, maka mengkonsumsi kacang panjang setiap hari merupakan hal sangat baik.Hal ini dikarenakan kacang panjang selain rasanya yang enak juga nutrisi yang di butuhkan untuk tubuh kita. Demikianlah informasi mengenai kandungan gizi kacang panjang dan juga manfaatnya, semoga informasi di atas bisa menginspirasi gaya hidup sehat anda dengan mengkonsumsi sayuran kacang panjang setiap hari.


Iklan Bawah Di Sini
close
==[X Close ]==