Faktor Penyebab Flek Hitam Di Wajah


Faktor Penyebab Flek Hitam Di Wajah





Bintik hitam atau flek hitam yang muncul di area wajah kerap membuat minder.Masalah ini, biasanya dialami oleh sebagian besar kaum hawa.Tak jarang, menaburkan bedak yang tebal pun ditempuh demi menutupi flek hitam. Namun cara ini tidak terlalu membantu, karena flek hitam hanya tertutupi sementara dan tidak hilang. Penyebab flek hitam di wajah mestinya ingin anda ketahui, ini agar tidak menjadi satu masalah yang rutin. Untuk itu, akan disebutkan beberapa penyebab flek hitam di wajah. Diantaranya yakni :
Sinar Ultraviolet

Paparan dari sinar ultraviolet bisa menjadi salah satu penyebab flek hitam di wajah.Oleh sebab itu, bagi anda yang aktif beraktivitas di luar ruangan, perlu memberikan perlindungan yang lebih pada wajah.Tanpa disadari, di tempat teduh pun wajah masih bisa terkena bahaya sinar ultraviolet. Wajah yang terkena sinar UV secara berlebihan akan mengakibatkan produksi melanin pada kulit meningkat. Hal ini yang menjadi pemicu flek hitam muncul.


Kosmetik

Kosmetik merupakan barang yang telah menjadi sahabat karib untuk mempercantik wajah.Namun, perlu anda perlu berhati-hati dalam mengaplikasikannya ke wajah.Seperti jenis kosmetik yang mengandung zat pewarna dan parfum sebaiknya dihindari.Kenapa?Ini karena bisa membuat kosmetik yang dipaksa menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Jika sudah begitu, flek hitam akan dengan mudah muncul di wajah.


Hormonal Yang Tidak Seimbang

Keadaan hormonal yang tidak seimbang seperti saat tengah hamil menjadikan kulit mengalami hiperpigmentasi.Pada kondisi ini, produksi hormon progesteron serta estrogen menjadi tidak seimbang, sehingga bisa menjadi salah satu penyebab flek hitam di wajah.


Polusi

Selain paparan sinar UV, aktivitas di luar ruangan mengharuskan anda berurusan dengan pencemaran udara yang terjadi.Asap yang berasal dari kendaraan, rokok juga asap pabrik yang bercampur berakibat buruk bagi kulit terlebih kulit wajah. Akibatnya kulit anda menjadi teriritasi. Bagi anda yang kerap berada di tengah kesibukan jalanan kota, sebaiknya gunakan masker untuk mencegah penyebab flek hitam di wajah.


Bekas Jerawat

Jerawat di wajah tidak hanya menyiksa, tapi juga bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah yang sukar hilang. Biasanya akan tertinggal bintik gelap di area yang sebelumnya ditumbuhi oleh jerawat. Oleh sebab itu, perlu adanya usaha ekstra dalam menghilangkan flek berwarna hitam tersebut.


Obat-obatan

Jenis obat tertentu yang dikonsumsi ternyata bisa juga bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah.Terlebih pada jenis obat seperti mesantoin, difenilhidantoin, sitostatik, klorpromazine dan minosiklin.Obat-obatan jenis ini bisa memicu munculnya flek hitam.Begitu juga dengan pil KB yang anda konsumsi untuk mencegah kehamilan, bisa juga menjadi salah satu penyebab flek hitam di wajah.


Usia

Usia yang terus bertambah tua bisa mengakibatkan wajah dipenuhi flek hitam. Hal ini terjadi karena kondisi kulit yang tidak lagi mampu memproduksi sel kulit yang baru.Sehingga, proses pengangkatan sel kulit yang mati tidak lagi berlangsung seperti saat masih berusia muda.

Itulah beberapa penyebab flek hitam di wajah, semoga bermanfaat.
Iklan Bawah Di Sini
close
==[X Close ]==